Tutorial membuat VLAN ID di MikroTik


Assalamu'alaikum wr.wb
Teman-teman yang udah sering ngoprek MIkroTik, pasti tau dong, khatam dong sama materinya MikroTik. Tapi buat kalian yang enggak tau, maksudnya belum tau, saya akan menerangkan langkah-langkah membuat MikroTik.Selengkapnya kita tengoklah kebawah.
A.Pengertian
VIRTUAL LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak  pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.
B.Latar Belakang
Latar belakang dibuatnya vlan adalah untuk menghemat port dan mac Address dalam satu perangkat.
C.Maksud dan Tujuan
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membagi jaringan switch berdasarkan fungsi,departemen, dan proyek tim.
D.Jangka waktu kegiatan
kegiatan ini bisa dilakukan sekitar 10 menit tergantung berapa vlan yang akan dibuat.
E.Alat dan Bahan
-PC
-wifi MikroTik
-sumber internet
F.Tahapan dan Langkah Kegiatan
1.Masuk ke winbox terlebih dahulu

2.Masuk ke interface-→ vlan-→ klik tanda “+”

3.Pada name, tulis nama untuk vlan kalian sesuai keinginan.untuk ini, saya memasukkan vlan5. Untuk VLAN ID, masukkan angka yang jarang dipakai orang. Kita contohkan 1234. Kemudian apply dan ok 


4.Pilih IP-→Addresses-→ klik tanda “+” 

5.tambahkan ip address untuk vlan anda. Lalu sesuaikan interfacenya. Klik apply dan ok

G.Hasil yang didapatkan
Setelah melakukan kegiatan ini, saya dapat menghemat port, juga dengan mac addressnya.
H.Kesimpulan
Dalam membuat VLAN ID, hal yang harus diperhatikan adalah ketika memberi ID nya sendiri. Isikan angka kisaran 1-4094. Pastikan VLAN ID nya jarang digunakan orang lain.
I.Penutup
Sekian hal yang bisa saya bagi untuk kalian semua.Untuk postingan selanjutnya, silahkan ikuti blog saya yah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »