Konfigurasi DNS Server di debian 8.5

Assalamu'alaikum wr.wb
Loha teman teman seperjuangan, disini saya akan membagikan sedikit ilmu saya yang telah saya terapkan yaitu tentang konfigurasi DNS di debian 8.5

A.Pengertian
Domain Name System (DNS) adalah hirarkis sistem penamaan desentralisasi untuk komputer, jasa, atau sumber daya yang terhubung ke internet atau jaringan pribadi. Ini asosiasi berbagai informasi dengan nama domainditugaskan untuk masing-masing entitas yang berpartisipasi. Paling mencolok, itu menterjemahkan lebih mudah menghafal nama domain ke numerik alamat IP yang dibutuhkan untuk tujuan menemukan dan mengidentifikasi layanan komputer dan perangkat dengan protokol jaringan yang mendasarinya. Dengan menyediakan, didistribusikan di seluruh dunia layanan direktori , Domain Name System merupakan komponen penting dari fungsi Internet.
B.Latar Belakang
 Dalam mengakses situs yang kita buat, pasti kita butuh suatu kemudahan.Untuk itu, kita menggunakan DNS untuk server kita.
C.Maksud dan Tujuan
Maksu dan tujuan saya melakukan kegiatan ini adalah saya dapat mengkonfigurasi DNS Dengan benar supaya mempermudah saya mengakses  alamat ip dengan nama domain.
D.Jangka Waktu Yang Dibutuhkan
Jangka waktu yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan ini sekitar 4-5 jam dalam memahami dan menerapkannya.
E.Alat dan Bahan
-PC Server
-Laptop
-Terminal
-Sumber internet
F.Tahapan Pelaksanaan
1.Install bind9.

2.pindah directory ke /cd/bind/

3.Edit file named.conf.local

4.Tambahkan baris berikut ini ke bagian bawah setelah //include "/etc/bind/zones.rfc1918";
//include "/etc/bind/zones.rfc1918";
zone "smk.net" {
type master ;
file "/etc/bind/db.smk";
};
zone "137.168.192.in-addr.arpa" {
type master ;
file "/etc/bind/db.192" ;
};
5.simpa dengan "ctrl+x" tekan y dan enter.
6.Menyalin file untuk mempermudah konfiurasi


7.Edit db.forward-nya

8.Ubah defaultnya menjadi seperti ini.

9.Edit db.reserve-nya

10.Ubah  defaultnya seperti dibawah ini.

11.Kemudian restart bind9 nya.

12.Kemudian kita masuk ke file resolv.conf pada direktori /etc. caranya masukkan perintah seperti ini.

13.KIta coba periksa DNS apakah sudah berjalan atau belum.


G.Hasil Yang Didapatkan
Hasil yang saya dapatkan setelah menginstal ini adalah alamat ip saya dapat diakses menggunakan nama domain
H.Kesimpulan
 Dalam melakukan konfigurasi DNS Server sangat dibutuhkan ketelitian yang tinggi. Karena jika satu huruf saja kita salah dalam konfigurasinya, maka DNS Server tidak akan bisa berjalan.

I.Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Domain_Name_System

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »