Konfigurasi Samba File Server di debian 8.5

Assalamu'alaikum wr.wb
Disini saya akan membagikan sedikit ilmu yang telah saya terapkan yakni mengenai konfigurasi Samba File Server di debia 8.5

A.Pengertian
 Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan
berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service), resolusi nama NetBIOS, dan pengumuman layanan (NetBIOS serviceannouncement/browsing). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows. Samba dibuat berdasarkan protokol Server Message Block (SMB), oleh Andrew Tridgell.

B.Latar Belakang 
Didalam suatu jaringan, ketika file hanya berada pada salah satu komputer saja, tentu kita akan kerepotan jika harus mengkopi file ke setiap komputer yang ada.Untuk itu saya menggunakan Samba file ini sebagai jalan keluarnya.

C.Maksud dan Tujuan
Maksu dan tujuan dengan adanya kegiatan ini adalah agar server memiliki layanan yang menyediakan file yang dapat diakses bersama.

D.Jangka Waktu Yang Dibutuhkan
Jangka waktu yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan kegiatan sekitar 1-2 jam untuk memahami dan menerapkannya.

E.Alat dan Bahan
-PC Server
-PC/Laptop
-Akses internet

F.Tahapan Pelaksanaan
1.Install terlebih dahulu paket samba


2.Lalu knfigurasi folder yang akan kita sharing.Misal disini saya akan sharing di /home/aku.Masuk dulu pada file edit nya.

3.Pada bagian terbawah. tamnbahkan baris seperti berikut:

4.Simpan dengan "ctrl+x" pilih y dan enter.
5.Setelah tersimpan silahkan anda masukan user untuk pengguna samba jika anda
mengunakan user dengan perintah :

6.KIta restart service samba-nya.

7.KIta cek pada file manager dengan memberikan alamat ip pada pencarian.Jika berhasil, hasilnya akan seperti ini.

G.Hasil Yang Didapatkan
Hail yang saya dapatkan setelah melakukan kegiatan ini adalah saya dapat mengkonfigurasi samba file dengan benar dan saya juga bisa berbagi file untuk diakses secara bersama.

H.Kesimpulan
File Server memberikan layanan berupa penyediaaan file ataupun folder yang dapat diakses bersama-sama oleh para pengguna di dalam suatu jaringan. File Server sering juga disebut sebagai sistem File Sharing. Keuntungan dari penggunaan File Server ini dapat kalian lihat dari segi keefisiensiannya

I.Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Samba_(perangkat_lunak)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »