Installasi Cisco Packet Tracer 6.2 di Linuxmint18


A.Pengertian
Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.
B.Latar Belakang
Dalam sebuah ilmu teknologi, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.Disini saya ingin mempelajarinya dengan simulator yang ada. 
C.Maksud dan Tujuan 
Maksud dan tujuan saya melakukan kegiatan ini agar saya bisa belajar tentang Cisco,maka sebelum itu saya harus memiliki aplikasi Cisco Packet Tracer dulu.
D.Jangka Waktu Yang Dibutuhkan
Jangka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kegiaan ini sekitar 1 jam dalam memahami dan menerapkannya.
E.Alat dan Bahan
-PC/Laptop
-Aplikasi Cisco Packet Tracer
-Terminal
F.Tahapan Pelaksanaan
1.Siapkan fdulu aplikasi cisco packet tracer. Kalian bisa mendownloadnya disini
2.Ektrak file cisco tersebut.
3.Pindahlah ke direktori file tersebut.
4.Jalankan instalasi dengan perintah berikut.
5.Akan muncul pesan informasi.Apabila sudah mencapai 100%, lalu ketikkan Y.
6.Lalu jalankan packet tracernya.
7.Tampilan Awal, muncul pesan seperti berikut, Klik OK.
8.Kemudian Cisco packet tracer akan terbuka seperti ini.

G.Hasil dan Kesimpulan
Setelah saya install packet tracer pada laptop saya, akan saya gunakan untuk praktek mengenai cisco namun menggunakan packet tracer. Meskipun hanya simulasi, saya berharap dengan menggunakan simulasi cisco packet tracer saya bisa mengenal lebih jauh mengenai cisco.
H.Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »