Konfigurasi webmin di debian 8.5

Assalamu'alaikum wr.wb
Disini saya akan membagikan ilmu saya yang telah saya terapkan yaitu mengenai konfigurasi webmin di debian 8
A.Pengertian
 Webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem untuk Unix.
Menggunakan browser web yang modern, Anda dapat mengatur account pengguna, setup Apache, DNS, file sharing, dan banyak lagi. Webmin menghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengedit file konfigurasi Unix seperti / etc / passwd, dan memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh.jadi selain mengunakan remote access secara cli yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser.
B.Latar Belakang
 Dalam suatu jaringan, dengan adanya administrasi sistem antarmuka yang berbasis web tentunya akan memudahkan untuk mengatur setup  server kita
C.Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah agar saya dapat mengaturan setup untuk server saya dengan mudah karena tampilan antarmukanya.
D.Jangka Waktu Yang Dibutuhkan
Jangka waktu yang saya butuhkan untuk melakukan kegiatan ini adalah sekitar 1 jam untuk memahami dan menerapkannya.
E.Alat dan Bahan
-PC Server
-PC client
-Akses internet
F.Tahapan Pelaksanaan
1.Pertama-tama kita harus punya file deb yang bisa didownload disini.
2.Salin file yang sudah didownload tadi ke server kita.
3.Lihat apakah file sudah ada di server kita.
4.Pindahkan ke folder /home.
5.Selanjutnya kita install paket depedensinya.
6.Kita ekstrak file deb-nya.
7.Selanjutnya kita cek apakah sudah berhasil di web browser kita.dengan mengetikkan https://ipserver:10000
8.Jika berhasil, maka akan tampil halaman awal seperti berikut
G.Hasil Yang Didapatkan
Hasil yang saya dapatkan dengan melakukan kegiatan ini adalah saya dapat melakukan konfigurasi webmin dengan benar dan dapat digunakan untuk mengatur setup server saya seperti apache,DNS dan sebagainya.
H.Kesimpulan
Untuk penggunaannya, webmin tidak digunakan dalam lomba LKS untuk siswa smk.Karena penggunaannya yang mudah, hal ini bisa membuat kita jadi malas memngonfigurasi layanan server lainnya secara manual lewat CLI.
I.Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Webmin
Buku konfigurasi Debian Server ver BLC telkom

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »