Macam-macam perangkat keras komputer

Assalamu'alaikum wr.wb
Disini saya akan menerangkan tentang apa saja perangkat komuter itu. Untuk lebih lengkapnya, lihat saja langsung.

A.Pengertian Komputer
Komputer adalah suatu alat untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer awalnya digunkakan untuk menggambarkan orang-orang yang melakukan perhitungan dengan atau tanpa alat bantu. Namun seiring dengan berjalannya waktu, istilah komputer kemudian dipindah artikan sebagai mesin itu sendiri.

B.Latar Belakang
 Sejarah komputer dimulai oleh seorang pakar matematika bernama Charles Babagge yang menciptakan sebuah alat bernama Different Engine pada tahun 1822. Ia menciptakan alat hitung yang dapat digunakan untuk menghitung tabel-tabel aritmatika.

C.Maksud dan Tujuan
Di industri hiburan, komputer digunakan untuk permainan dan tentu saja komputer sangat bermanfaat di dunia pendidikan sebagai alat bantu dalam melakukan penelitian,pengajaran, dan pembelajaran.

D.Materi
Hasil gambar untuk perangkat keras komputer
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang ada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Macam-macam perangkat keras komputer:
1.Motherboard
Motherboard atu biasa disebut papan induk adalah sebuah hardware yang berfungsi menghubungkan semua perangkat komputer lainnya.
2.Prosessor
Prosessor adalah otak dari sebuah komputer. Setiap proses yang masuk maupun keluar selalu diproses di prosessor. Jadi tidak heran jika prosessor cepat panas.
3.Harddisk
Harddisk adalah perangkat keras  untuk menyimpan data pada komputer. Macam-macam harddisk contohnya ATA,SATA dan SCSI. Harddisk ada dua jenis yaitu hdd internal dan eksternal.
4.RAM atau memory
RAM adalah perangkat keras untul  penyimpanan data sementara. Jadi jika komputer mati, data didalam RAM juga akan hilang.
5.Power Supply
Power Supply merupaka perangkat yang terhubung langsung dengan aliran listrik. Perangkat ini berfungsi sebagai pemberi daya listrik yang dapat merubah tegangan AC menjadi DC.
6.Monitor
 Monitor adalah salah satu alat output visual yag terhubung  menggunakan
videocard.
7.VGA Card/ video card
VGA Card merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengatur tingkatgambar dan kualitas gambar.
8. Keyboard
Merupakan papan ketik yang berfungsi untuk menampilkan output di layar monitor berupa angka, huruf, simbol-simbol, maupun perintah yang dapat dijalankan menggunakan keyboard.
9.Mouse
Sesuai dengan namanya,  bentuk dari perangkat ini menyerupai tikus. Alat yang diberi nama mouse ini berfungsi untuk menggerakan kursor pada layar monitor.

E.Referensi
http://www.pintarkomputer.com/macam-macam-hardware-komputer-dan/

F.Hasil dan Kesimpulan
Untuk belajar lebih dalam mengenai cara kerja komputer, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahuu komponen-komponen komputer.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »